Kuliah Perdana SKPB Angkatan V

Rabu, 14 maret 2018
Sekolah Kepemimpinan Politik Bangsa (SKPB) – Akbar Tandjung Institute, Angkatan V dibuka Rabu (14/03/18).
SKPB Angkatan V diikuti 64 peserta yang berasal dari 11 Organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan yang tergabung dalam kelompok Cipayung  (PMKRI, GMKI, HMI, GMNI, PMII), Plus organisasi kepemudaan lainnya yakni HIKMAHBUDHI, KMHDI, KAMMI, IMM, Hima Persis, dan GPII.
Perkuliahan angkatan V ini dibuka oleh Dr. Akbar Tandjung, pendiri Akbar Tandjung Institute. Dalam sambutannya Akbar menyebutkan, SKPB ini merupakan upaya untuk membekali para pemuda/pemudi calon pemimpin bangsa kedepan dengan wawasan kebangsan.
Lebih lanjut dikatakan wawasan kebangsan sangat penting bagi para calon pemimpin Bangsa ini kareana Indonesia adalah Negara dan Bangsa yang majemuk. “Ini merupakan sumbangan saya sebagai pendiri Kelompok Cipayung, untuk para aktivis organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan untuk memberikan bekal wawasan kebangsaan, karena Indonesia adalah Negara Yang majemuk”, ujar Akbar Tandjung.
Materi perkuliahan hari pertama adalah Filsafat dan Etika Politik oleh Prof. Dr. Franz Magnis Suseno SJ.
Sedangkan pada sesi kedua kuliah bertema Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Pematerinya adalah Drs. Hajriyanto Y Thohari, M.A.
Para peserta antusias mengikuti perkuliahan tampak dari pertanyaan dan dialog  dalam kelas tersebut.
Para mahasiswa angkatan V ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan latar belakang suku dan agama yang berbeda. ‘Ini merupakan wujud keragaman kita”, tukas seorang peserta (Mrr/Pw).

Leave A Comment