Akbar Tandjung Larang Ical Ajukan Kasasi

INILAHCOM, Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan (wantim) Partai Golkar Akbar Tandung meminta kepada Aburizal Bakrie (Ical) tidak mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) terkait putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat.

Menurut Akbar, pengajuan kasasi malah akan menjegal Partai Golkar untuk menjalankan fungsinya sebagai partai politik. Sebab, diajukannya kasasi akan memakan waktu yang cukup lama.

“Saya perkirakan (kasasi ke) MA itu paling tidak 60 hari kalau kasasi ditambah 30 hari itu sudah 3 bulan itu teori dalam prakteknya lebih dari itu. Sampai bulan April tidak ada kepastian akan berdampak pada persiapan Partai Golkar,” kata Akbar saat jumpa pers di Akbar Tandjung Institute, kompeks liga mas Pancoran, Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Akbar meyakini, jika hal itu ditempuh oleh Ical maka banyak kader partai akan lompat ke partai lain. Sebab, Partai Golkar tak bisa menjalankan fungsi partainya. Seperi pada pemilihan kepala daerah, orang akan lebih memilih partai lain ketimbang Golkat untuk mencalonkan diri.

“Bukan tidak mungkin karena tidak ada kepastian kemudian mencari ke partai lain. Atau malah bisa saja partai lain melakukan pendekatan pada mereka,” ujar Akbar.

Untuk itu, selaku Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, dia meyarankan sebaiknya baik kubu Aburizal Bakrie ataupun Agung Laksono melakukan Munas Gabungan. Sebab, lanjut dia, ini adalah jalan keluar yang paling baik.[jat]

Leave A Comment