Akbar Tandjung apresiasi KNPI berkongres di Papua

Jakarta (ANTARA News) – Politikus senior Akbar Tandjung mengapresiasi keputusan DPP KNPI untuk menggelar kongres KNPI ke-14 di Jayapura, Papua, 24-28 Februari 2015 karena dampaknya makin mengintegrasikan rakyat Papua, khususnya pemuda, ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebagai mantan Ketua DPP KNPI dan Menpora, saya senang dan mengapresiasi langkah DPP KNPI untuk mengadakan kongres KNPI di Jayapura, Papua, karena ini merupakan yang pertama kali diadakan di provinsi paling Timur Indonesia atau di Bumi Cenderawasih,” kata Akbar Tandjung saat menerima Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasiko di Jakarta, Kamis.

Ketua Umum KNPI Taufan menyerahkan undangan kepada Akbar Tandjung agar bisa hadir di Jayapura.

“Sudah sejak lama, hampir 20 tahun, pemuda dan Pemda Papua minta agar kongres KNPI diselenggarakan di sana, namun baru kali ini bisa terwujud,” kata Akbar.

Oleh karena itu, Akbar minta agar kongres KNPI di Jayapura dapat dihadiri oleh sebanyak mungkin peserta dari seluruh pengurus DPP KNPI, seluruh pengurus DPD KNPI tingkat I dan tingkat II.

“Mohon panitia dapat membantu transportasi dan akomodasi para peserta agar kehadiran mereka optimal,” katanya.

Selain itu, Akbar juga minta agar kongres KNPI nanti membahas tantangan pemuda ke depan, misalkan isu masyarakat ekonomi ASEAN yang mulai berlaku 1 Januari 2015.

“Bagaimana peran pemuda Indonesia memanfaatkan masyarakat ekonomi ASEAN. Bagaimana mempersiapkan pemuda Indonesia agar bisa berkiprah di regional ASEAN,” tambah dia.

Sementara itu, Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasiko menegaskan kongres KNPI di Jayapura, ibu kota Papua, akan melengkapi Sumpah Pemuda tahun 1928 di Jakarta.

“Saat Sumpah Pemuda pertama kali dideklarasikan pada tahun 1928 telah dihadiri oleh beberapa organisasi pemuda dari berbagai daerah yakni Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, dan tidak ada Jong Papua. Melalui kongres KNPI ke XIV di Jayapura, Papua adalah melengkapi Sumpah Pemuda yang dideklarasikan tahun 1928,” kata Taufan di Jakarta, Minggu.

Selain itu, lanjut Taufan, kongres KNPI di Kota Jayapura juga merupakan penegasan bahwa Papua adalah provinsi yang aman untuk pembangunan ekonomi dan tujuan wisata.

Diharapkan Kongres KNPI di Papua mendorong percepatan provinsi itu mencetak pemuda dan pemudi menuju kepemimpinan nasional maupun internasional.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor: Ruslan Burhani

Leave A Comment