Akbar Tandjung ke Golkar Kubu Agung: Tak Perlu Kasasi Gugatan ke PN Jakpus

Jakarta – Gugatan Tim Penyelamat Partai Golkar (TPPG) yang digawangi oleh Agung Laksono dkk ke PN Jakarta Pusat tidak diterima dan dikembalikan ke internal partai. Senior Golkar Akbar Tandjung meminta Agung cs tak perlu memperpanjang gugatan ke kubu Ical hingga proses kasasi.

“Seyogyanya, hasil pengadilan ditindaklanjuti. Jangan kasasi, nanti panjang lagi. Rekomendasinya agar Mahkamah Partai lakukan pertemuan,” kata Akbar di sela-sela Dies ke-68 HMI di JCC, Senayan, Kamis (5/2/2015).

Akbar meminta kubu Agung legowo dan mengikuti putusan pengadilan agar kisruh ini diselesaikan di internal partai. Yang terpenting, kisruh cepat selesai agar bisa menyongsong Pilkada serentak.

“Harus ada kesediaan dari kedua pihak untuk tempatkan kepentingan partai di atas kepentingan yang lain. Banyak agenda ke depan, Pilkada. Ini harus betul-betul diperhatikan,” ucap mantan Ketum Golkar ini.

Kekisruhan diharapkan hanya gaduh di tataran pusat saja dan tidak masuk ke daerah. Akbar memprediksi kondisi Golkar bisa terpuruk apabila perpecahan sampai ke daerah.

“Kalau terjadi pembelahan maka akan semakin sulit. Ada indikasi, saya khawatirkan pembelahan mulai di daerah. Di provinsi, bisa selanjutnya di kabupaten dan kota,” tuturnya.

Putusan dari PN Jakpus terkait gugatan kubu Agung adalah putusan sela yang sifatnya N.O (Niet Onvankelijk). Itu artinya hakim menilai gugatan TPPG itu harus melalui proses mekanisme di Mahkamah Partai lebih dulu sebelum masuk ke pengadilan.

“Nanti surat keputusan dari PN Jakpus kita terima baru kita serahkan ke Mahkamah Partai nanti kita tunggu hasilnya dari Mahkamah Partai. Selain itu, kita juga akan mengajukan kasasi,” ucap Sekjen Golkar kubu Agung, Zainudin Amali di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (2/2/2015).

Indah Mutiara Kami – detikNews

Leave A Comment